Jumat, 14 Maret 2008

Ayat-ayat cinta

Kenapa aku tidak bisa meraih mesirku??
Apakah karena kami berbeda??
Apakah keyakinan dariTuhan
Menghalangi kesucian cinta??


Deretan kata-kata di atas adalah penggalan ungkapan hati Maria (Carissa Putri) dalam film Ayat-Ayat Cinta, film yang diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama karangan Habiburrachman El Shira. Maria dalam film ini diceritakan sebagai seorang yang sering menuangkan perasaannya kedalam sebuah diary. Saya sangat menyukai tulisan2nya dan sepenggal tulisan diatas adalah yang paling menyentuh bagi saya, rasa2nya sangat mengena. Gadis Kristen ini diceritakan menaruh cinta kepada tetangga satu flatnya Fahri (Fedi Nuril) seorang mahasiswa islam asal Indonesia yang mengambil masternya di Al Ahzar. Fahri adalah seorang laki-laki yang sangat taat dan belum pernah memiliki hubungan khusus dengan perempuan.
Di Mesir Fahri kemudian mulai dekat dengan beberapa perempuan. Maria adalah salah satunya. Maria adalah gadis yang baik hati dan juga pintar. Jika mengalami kesulitan dengan komputernya, Maria adalah tempat Fahri meminta pertolongan. Lalu ada Nurul (Melanie Putria), teman sekampus Fahri yang juga berasal dari Indonesia. Selain itu ada juga Nora (Zaskia Mecca) tetangga Fahri maupun Maria yang selalu disika pamannya. Perempuan terakhir adalah Aisha (Rianti Cartwright) gadis yang dijumpainya dalam sebuah bus kota secara tidak sengaja.
Dari keempat perempuan ini ternyata Fahri menaruh hati kepada Aisha yang kemudian dnikahinya tanpa lebih dahulu pacaran.
Film drama asuhan sutradara Hanung Bramantyo ini kemudian berlanjut dengan kehidupan pernikahan Fahri dan Aisha dan kemudian kehidupan poligami mereka dengan Maria yang terpaksa dilakukan Fahri atas desakan Aisha.
Ada banyak hal yang bisa dipetik dari Ayat-Ayat Cinta. Bagimana cinta bisa memberi banyak perubahan, bagaimana orang2 kristen dan Islam bisa hidup saling berdampingan, bagimana kehidupan poligami sangat tidak menyenangkan and many more...Untuk kualitas, buat saya biasalah, tak seperti yang terlalu dihebohkan banyak orang, menonton ayat-ayat cinta gak beda jauh dengan nonton sinetron indonesia.
Buat saya sendiri, yang saya sukai dari film ini justru tulisan2 diary Maria, so sweet...!!!Tetapi untuk membuktikan sendiri keheboan diluar tentang film ini, gak ada salahnya film ini dijadikan pilihan tontonan :)

Tidak ada komentar: