Rabu, 21 November 2007

Tinutuan : Bubur Manado

Tinutuan

Selain dikenal dengan perempuannya yang cantik-cantik, Manado juga dikenal dengan makanan khasnya Tinutuan atau Bubur Manado. Tinutuan tidak seperti bubur biasa yang kita kenal selama ini yang terbuat dari campuran beras dan air. Tinutuan, seperti arti harfiahnya campur aduk, adalah merupakan bubur yang terbuat dari campuran berbagai macam bahan seperti beras, jagung,air,singkong,bayam,kangkung,kunyit,kemangi,garam dan biasanya juga disajikan dengan tahu. Karena mengandung berbagai macam bahan di atas, bisa dipastikan bahwa Tinutuan mengandung banyak gizi dan serat yang baik untuk pencernaan dan kesehatan. Dan jangan tanyakan mengenai rasa,Tinutuan tak hanya cukup disantap satu piring,selalu ada ruang dalam perut untuk menyimpan dua porsi Tinutuan.

Tinutuan biasanya disajikan untuk sarapan pagi, walaupun tak jarang orang-orang menyantapnya juga pada siang ataupun pada malam hari.

Saat ini Tinutuan telah dikenal luas tidak hanya oleh Masyarakat Manado tetapi juga hingga daerah-daerah di sekitarnya seperti Gorontalo dan Ternate. Manado sendiri, selain melekat dengan slogannya "Torang Samua Basudara" juga sering disebut sebagai "Kota Tinutuan".

Tidak ada komentar: