Senin, 19 November 2007

Formasi sinergis sekawanan unggas

Pernahkah anda melihat sekawanan unggas terbang menuju ke selatan untuk menghadapi musim dingin, membentuk formasi V? Para ilmuwan telah menemukan sesuatu yang menakjubkan dalam cara mereka terbang itu :


Dengan terbang dalam formasi, seluruh kawanan itu bisa terbang 71 persen lebih jauh ketimbang kalau masing-masing burung terbang sendirian. Ketika seekor unggas mengepakkan sayapnya, terciptalah arus angin bagi unggas berikutnya.
Kalau unggas yang paling depan letih, ia akan pindah ke belakang dan membiarkan unggas lainnya yang memimpin. Unggas-unggas yang di belakang bersuara untuk memberikan semangat kepada yang di depan. Setiap kali seekor unggas keluar dari formasinya, ia langsung merasakan penolakan terbang sendirian dan segera kembali ke formasinya.
Akhirnya kalau salah satu unggas ini sakit atau terluka dan keluar dari formasinya, dua unggas lainnya akan mengikutinya turun untuk melindungi serta menolongnya. Mereka akan menunggui unggas yang sakit itu hingga sembuh atau mati lalu bergabung dengan formasi baru atau menciptakan formasi sendiri untuk menyusul kelompok yang terdahulu.

Diambil dari buku The 7 Habits of Highly Effective Teens , karangan Sean Covey

Tidak ada komentar: