Senin, 06 Agustus 2007

Kaktus

Wah...
Aku lagi tergila-gila sama kaktus nich..
Di sini ada berbagai jenis kaktus yang baru kutemuin, ada yang bentuknya kayak tongkat, ada juga yang bentuknya kayak keris, trus ada juga yang bekutil-kutil...wah... jenis2nya lucu dan unik, dan melihara kaktus gak ada susahnya sedikitpun, apalagi buat aku yang jarang menetap, melihara kaktus sepertinya sangat pas, soalnya kaktus ngga perlu sering disiram, kebanyakan air malah bisa busuk dan mati, Sebab, kaktus dikenal dengan tanaman sukulen, mampu menyimpan air pada batangnya. Cukup disiram saat pot terlihat sudah kering.
Tumbuhan kaktus berasal dari dataran tandus seperti Amerika Selatan dan Meksiko. Daerah-daerah itu punya curah hujan rendah dengan frekuensi yang tak tentu. Perubahan suhu yang ada pun sangat ekstrem. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa kaktus itu berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, Kanada Utara sampai ke Kepulauan Galapagos, di Pasifik dan Kepulauan tropis di India Timur dan Karibia.
Kaktus berasal dari kata Yunani kaktos. Artinya, tanaman berduri. Tanaman kaktus sudah ada dari sekitar 100 juta tahun lalu. Dulu kaktus punya bentuk tubuh yang tinggi. Lalu karena letusan gunung berapi kaktus juga ikut punah akibat kegiatan vulkanik. Namun setelah itu muncul kembali kaktus tetapi dengan bentuk yang lebih pendek seperti yang kita jumpai sekarang.
Wilayah hidup kaktus amat beragam, mulai dari daerah pantai sampai ke pegunungan.Kaktus memang mudah melakukan adaptasi dengan lingkungannya.
Di Indonesia, kaktus pertamakali diperkenalkan oleh para penjajah Belanda yang datang ke Indonesia membawa bibit kaktus.





Tidak ada komentar: