Rabu, 08 Agustus 2007

Danau Tolire Ternate


Danau Tolire dari udara

Jalan-jalan ke Ternate tidaklah lengkap tanpa mengunjungi Danau Tolire. yang terletak di bawah kaki Gunung Gamalama. Danau Tolire ini ada 2 macam, yakni danau Tolire besar dan Kecil. Kedua danau tersebut berjarak kira-kira 300 meter. Kedua danau tersebut sangat indah, dan berwarna hijau kecoklatan, ini mungkin karena pantulan dari pohon-pohon yang tumbuh subur di sekeliling Danau.

Tak ada yang tau pasti kedalaman danau ini, ada yang bilang sampai berkilo-kilo kedalamannya. Katanya sich jika kita melempar batu ke dalam danau ini, tidak akan pernah mencapai permukaan danau, tetapi ini hanya mitos yang berkembang dalam masyarakat untuk menggambarkan kedalaman danau, karena saya sendiri pernah mencoba dan ternyata batu lemparan saya tersebut bisa mencapai permukaan danau. Diyakini pula, Danau Tolire ini dihuni oleh siluman buaya, makanya tak heran jika tidak ada masyarakat yang berani menangkap ikan atau mandi di danau itu, dulu pernah ada wisatawan yang nekat turun dan berenang di Danau ini tapi kemudian ia hilang begitu saja, dan masyarakat setempat percaya wisatawan itu dimakan buaya siluman .
Selain mempercayai adanya siluman, masyarakat setempat juga mempercayai bahwa di dasar Danau Tolire banyak terdapat harta benda berharga milik masyarakat setempat yang dibuang ke Danau secara sengaja agar tidak diambil penjajah dahulu, tetapi sampai saat ini belum ada lembaga ataupun institusi yang meneliti tentang kebenaran hal tersebut.

Ada legenda yang hidup dalam masyarakat tentang asal-usul danau Tolire. Diceritakan bahwa pada jaman dahulu ada seorang bapak yang menghamili anak gadisnya. Karena malu, anak gadisnya tersebut lari dari kampung, tetapi sementara ia lari dari kampung, baik si ayah maupun anak gadisnya mendapat kutukan dari Tuhan. Tanah tempat mereka berdiri anjlok dan berubah menjadi danau. Tanah tempat si ayah berdiri berubah menjadi danau Tolire besar dan tanah tempat si anak gadis berdiri berubah menjadi danau Tolire kecil. Walaupun hanya sekedar legenda, tetapi cerita ini sangat diyakini oleh masyarakat Ternate hingga saat ini.

Terlepas dari legenda yang dimilikinya, pantai ini memang layak dikunjungi, sayangnya belum banyak fasilitas umum yang tersedia di kawasan tersebut. Di sepanjang perjalanan menuju danau Tolire kita bisa menikmati pemandangan di bawah kaki gunung Gamalama dan pohon-pohon kelapa di kiri kanan jalan.
Penasaran ingin menikmati keindahan danau ini?? datang saja ke Ternate, dari pusat kota ke danau tersebut ditempuh hanya dalam waktu 20 menitan, kita bisa menyewa mobil atau hanya dengan menggunakan ojek Rp. 10.000, murah bukan??

Danau Tolire besar

Tidak ada komentar: