Senin, 14 Januari 2008

Si Patah Tulang yang berkasiat

Patah Tulang

Ternyata nich,tanaman patah tulang atau Eupharbia tirucalli yang saya pelihara di rumah adalah salah satu tanaman obat yang bisa nyembuhin berbagai penyakit seperti maag,sakit gigi,rematik,nyeri tulang,wasir,dan berbagai penyakit kulit.Bagian yang biasa digunakan adalah akar,getah dan batangnya. Tetapi kita mesti berhati-hati dengan getah tanaman ini karena getah patah tulang mengandung senyawa kimia yang berbahaya bila tertelan apalagi jika terkena mata, harus segera dibilas dengan air atau santan.
Tanaman yang berasal dari Afrika ini adalah salah satu jenis kaktus, dan pemeliharaannyapun sangatlah mudah. Yang terpenting si patah tulang ini hidup di tempat terbuka dan mendapat cahaya matahari penuh.
Tanaman ini memiliki batang berwarna hijau berbentuk silindris. Daunnya juga berwarna hijau berbentuk elips dengan panjang daun kurang lebih 1cm yang terdapat pada setiap rantingnya.Tanaman ini dapat mencapai tinggi hingga 4m, memiliki getah berwarna putih dan bersifat racun karena mengandung senyawa kimia berbahaya. Tanaman ini memiliki cabang yang sangat banyak, setelah tumbuh sekitar 10-15 cm,batangnya akan memiliki cabang baru yang letaknya melintang. Demikian seterusnya sehingga percabangannya terlihat berpatah-patah dan karenaya dinamakan patah tulang.
Untuk perkembangbiakan tanaman ini sangatlah mudah, yakni cukup menggunakan stek batangnya dengan media tumbuh menggunakan tanah.
Jika hendak digunakan sebagai obat, misalnya penyakit kulit,kita cukup mengambil batang dan akarnya dan dikeringkan. setelah itu dihaluskan dan ditempelkan pada tempat yang sakit seperti luka,bisul,keseleo,terkilir dan sebagainya, sedangkan jika ingin pengobatan dari dalam, batang dan akar yang telah dihaluskan cukup diminum atau dicampur dengan makanan.Sedangkan untuk mengobati sakit gigi,kita dapat mengambil getahnya dengan kapas dan dioleskan pada gigi yang sakit, tetapi harus ekstra hati-hati jangan sampai tertelan.

Tidak ada komentar: