Jumat, 09 Mei 2008

Daun Dewa (Gynura divaricata)

Daun dewa di pekarangannya mami Kotce, samping kamarku, dibilang punya kasiat buat nyembuhin luka,slama ini saya sdikit bimbang, sampai beberapa hari yang lalu tangan saya kegores pisau dan berdarah. Karena P3K gak ada :),saya kemudian nyoba untuk ngompres pake daun dewa. Jadi itu daun dewa selembar,saya lumat terus dbalut ke luka saya. Beberapa menit kemudian saya cek, ternyata luka saya emang berhenti berdarah, ajaib ya..:)
Setelah barusan minta pertolongan om google, ternyata ada banyak banget artikel yang ngebahas tentang Daun Dewa atau Gynura divaricata.
Tumbuhan yang memiliki tinggi ± 50 cm,batang dan daun berwarna hijau,daun tunggal berbentuk bulat telur dengan permukaan daun yang berbuluh, memang sudah banyak digunakan sebagai tanam obat. Daun dewa ternyata mengandung berbagai unsur kimia, antara lain saponin, flavonoid, minyak atsiri dan antikoagulan yang bermanfaat untuk mencairkan bekuan darah, stimulasi sirkulasi, menghentikan perdarahan, menghilangkan panas dan membersihkan racun.

Daun dewa atau Gynura divaricata

Karenanya tidak heran daun dewa bisa mengobati berbagai penyakit seperti luka,pendarahan,patah tulang,diabetes,rematik bahkan stroke.
cara penggunaannya juga sangat mudah. untuk pengobatan luar, cukup ambil daun dewa secukupnya, ditumbuk atau dihancurkan dan dioleskanpada bagian yang luka.
sedangkan untuk pengobatan dalam cukup dengan meminum air rebusan daun dewa.
Tertarik untuk mencobanya??

Tidak ada komentar: