Senin, 10 Januari 2011

Jalan-jalan ke Loh Buaya Pulau Rinca

Kemaren saya jalan2 ke Loh Buaya Pulau Rinca, ngenterin kakak saya yg jadi orang Manggarai tetapi belum pernah liat Varanus komodoensis :)
Labuan Bajo berkabut saat kami berangkat pada jam 08.00 WITA, tetapi didorong oleh keinginan luhur melihat komodo, kami memberankan diri berangkat dengan kekuatiran akan cuaca yang memburuk di tengah perjalanan.

kekuatiran kami terjawab, lewat pulau monyet, ombak menghantam boat kami abis-abisan. kamipun berniat untuk kembali lagi ke Labuan Bajo. Tak terbayangkan jika dalam dua jam kedepan boat kami akan dihantam ombak segede itu terus hingga tiba di Loh Buaya. walau life jacket melekat di badan, tetapi saya maupun kakak saya asli orang gunung yang gak bisa berenang.

Kapten boat Angker bersama ABK nya Sogi dan anjoy meyakinkan kami bahwa ombak hanya akan sampai di Pulau Kelor, pulau berpasir putih yang sudah keliatan dari jauh. kamipun dengan penuh keteguhan hati bertahan untuk tidak kembali. ternyata benar yang dikatakan Angker, sampai pulau Kelor, lautpun tenang. kamipun bisa tidur-tiduran menenangkan diri setelah adrenalin dipacu ombak :)

Jam sepuluh lewat lima belas menit tampak tak terasa, kami tiba di pelabuhan Loh Buaya. Tak banyak berubah. masih seperti terakhir saya lihat september 2010 kemarin.


Boni, seorang guide sukarelawan, menemani kami tracking. hanya short tracking. berfoto-foto dan menikmati habitat asli naga komodo hingga jam 1 siang lalu kami kembali ke Labuan Bajo.

Tidak ada komentar: