Kamis, 18 November 2010

Refleksi 6 bulan bergabung dengan TNK

17 Mei 2010
Hari pertama. Berbagai perasaan campur aduk. Ini adalah hari pertama saya akan masuk ke Taman Nasional Komodo, walaupun dahulunya Balai ini satu kabupaten dengan kota kelahiranku Ruteng, tetapi baru hari ini saya akan masuk ke kantornya. Pakaian hitam putih yang telah terseterika rapi. Sesuai dengan ketentuan dalam situs resmi Kementerian Kehutanan. Bagi setiap CPNS yang telah menerima SPMT agar melaporkan diri ke UPT penempatan paling lambat tanggal 17 Mei 2010 dengan memakai pakaian hitam putih rapi.
Tiba di kantor BTNK jam 08.30. Yoko, adik tingkatku di kampus dulu menunggu di pintu masuk. Di lobi, ternyata banyak pegawai yang duduk-duduk mengobrol. “Selamat pagi…” ucap saya sambil mengulurkan tangan bersalaman dengan mereka semua. Dari lobi, oleh Yoko saya dibawa ke ruangan KSBTU di lantai 2. KSBTU orang Jogja yang ramah. Setelah ngobrol informal sejenak dengan beliau, saya lalu ditempatkan di ruangan Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Pulau Rinca. Kepala Seksinya pa Lukman. Orang Jawa yang ramah dan tak banyak bicara.
Ruang seksi Rinca berada di lantai 1. Ruang kecil berukuran 3 x 3 meter. Kebetulan ada satu meja yang kosong. Masyarakat seksi Rinca sebagian sedang berada dalam kawasan dan sebagian lagi sedang off, sehingga dalam ruangan seksi hanya ada saya dan pa Lukman.
Hari pertama ini, saya bingung di ruangan mau ngapain. Oleh pak Lukman, saya dibilang, “kalau mau internetan, pakai aja tha komputernya..” Sebenarnya saya menyetujui omongan beliau tetapi gak enak hati aja, masak hari pertama kerja langsung mau internetan. Jaim dululah kataku dalam hati. Jadi saya memilih membaca apa saja yang ada di sekitar. Mulai dari tabloid sampai laporan bulanan seksi.
Beberapa orang yang kebetulan masuk ke ruangan seksi Rinca saya salamin satu persatu. “Halo, saya Margaretha...” adalah kalimat yang saya ucapkan berkali-kali di hari ini dan kemudian pada hari-hari selanjutnya, hingga 98 orang pegawai BTNK saya kenal.

17 November 2010
Hari ini 6 bulan sudah saya bergabung dengan Balai Taman Nasional Komodo. Seorang calon penyuluh kehutanan yang selama empat bulan ditempatkan di seksi Rinca lalu sejak bulan Oktober ditempatkan di bagian perlengkapan.Banyak pengalaman yang telah saya lewati. Bekerja bersama orang-orang hebat dengan berbagai watak. Mengunjungi pulau-pulau kecil dan masyarakat dalam kawasan maupun di sekitar kawasan. Pengalaman yang luar biasa dan tak terbeli. Belum banyak yang saya beri untuk BTNK, tetapi tekad untuk bisa memberikan yang terbaik untuk kemajuan negeriku, for my park, Komodo National Park.

Tidak ada komentar: